Penerimaan Brigadir Polri, Ada Yang Baru Dibanding Tahun Lalu
Suasana verifikasi pendaftar anggota Polri di Mapolres Rembang. Salah satunya mengukur tinggi badan.
Suasana verifikasi pendaftar anggota Polri di Mapolres Rembang. Salah satunya mengukur tinggi badan.

Rembang – Ada yang berbeda dalam penerimaan anggota Brigadir Polri tahun ini, karena jumlah jurusan semakin banyak, sehingga pilihannya menjadi beragam.

Kepala Bagian Sumber Daya Polres Rembang, Kompol Riwayat Sosiyanto mengatakan pada penerimaan Brigadir Polri tahun lalu, hanya tersedia 3 bidang, meliputi polisi tugas umum, polisi musik dan polisi tekhnologi informasi.

Sedangkan tahun ini ditambah 3 bidang lagi, yakni polisi bidang perkapalan, bidang kimia dan bidang penerbangan. Total ada 6 jenis, sehingga diharapkan dapat menjaring sebanyak mungkin bibit – bibit unggul, untuk masuk kedalam korps kepolisian.

“Yang bidang perkapalan menjaring lulusan SMK pelayaran/perkapalan, bidang kimia dari lulusan SMK jurusan kimia dan yang penerbangan juga lulusan SMK penerbangan. Nah, bagi lulusan tahun 2018, nilai raport kelas XII rata – rata minimal harus 70,00. Begitu pula ijazahnya, nilai rata – rata minimal 70,00, “ jelas Riwayat, Selasa (03/04/2018).

Kompol Riwayat Sosiyanto menambahkan kuota yang akan diterima menjadi anggota polisi, tiap – tiap jurusan berbeda. Ia mencontohkan Bintara Polri Tugas Umum, di tingkat Polda Jawa Tengah, kuotanya 620 pria dan 20 wanita. Tapi nantinya memungkinkan ada kuota tingkat Polres, diperhitungkan dari banyak sedikitnya jumlah pendaftar.

“Waktu kemarin kita gelar video conference dengan Mabes Polri, disampaikan ada kuota tingkat Polres. Jadi muda – mudahan animo pendaftar dari Kabupaten Rembang tinggi, sehingga bisa dapat kuota. Artinya kian banyak pendaftar, maka semakin terbuka kesempatan. Silahkan dimanfaatkan, pendaftaran online terakhir tanggal 11 April 2018, “ terangnya.

Jika merujuk pada masa penerimaan anggota Polri tahun 2017 lalu, warga Kabupaten Rembang yang lolos dan sudah mengikuti pendidikan, meliputi Polwan 3 orang, polisi laki – laki tugas umum 19 orang dan Akademi Kepolisian (Akpol) 2 orang. Angka tersebut meningkat, dibandingkan periode tahun sebelumnya. (MJ – 81).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *