Mengintip Kisah Keaktifan Komandan Linmas Inti
Muhammad Ali Mansyur dan aktivitas Linmas Inti Kabupaten Rembang.
Muhammad Ali Mansyur dan aktivitas Linmas Inti Kabupaten Rembang.

Rembang – Anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) yang satu ini tergolong sangat aktif, meski sehari – hari menjadi aparatur sipil negara (ASN) di Bagian Umum Setda Rembang.

Namanya Muhammad Ali Mansyur, warga Desa Kabongan Kidul, Rembang, kini didaulat sebagai Komandan Linmas Inti Kabupaten Rembang. Pria berumur 50 tahun tersebut sama sekali tidak merasa gengsi, ketika harus menanggalkan seragam ASN nya dan berganti dengan seragam Linmas.

Ali menceritakan bergabung di Linmas sejak tahun 2010 lalu. Sampai sekarang terdapat 8 orang ASN memperkuat Linmas Inti, menjadi satu tim dengan anggota Linmas yang dikerahkan oleh desa. Mereka masih tetap semangat, karena merasa bahwa Linmas merupakan jembatan untuk mengabdikan diri kepada masyarakat.

Selain itu tiap kali ada lomba, Linmas Inti juga kerap tampil mewakili Kabupaten Rembang di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

“Jadi kami nggak hanya aktif ketika pas mau lomba saja mas. Yang terbaru dapat juara III tingkat Jawa Tengah dalam lomba defile di Purwokerto. Ibaratnya Linmas ini sebagai sarana kami untuk mengabdikan diri kepada masyarakat. Itu yang paling penting, “ ujarnya.

Muhammad Ali Mansyur menambahkan Linmas akan terlibat pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah. Kebetulan pada tanggal 3 – 4 April mendatang, Linmas Inti Kabupaten Rembang diperintahkan berangkat ke Jepara, mengikuti apel siaga Linmas se eks Karesidenan Pati.

Menurutnya, tantangan Linmas kedepan adalah bagaimana meningkatkan kepedulian, ditengah dinamika masyarakat. Termasuk ketika terjadi bencana alam, Linmas harus ikut turun tangan.

“Linmas berfungsi pula sebagai relawan bencana alam. Misalnya waktu ada jembatan ambrol di belakang Mapolsek Sale, Linmas turun membantu, bahu membahu dengan BPBD dan relawan lainnya. Kepedulian semacam ini yang mesti lebih ditingkatkan, “ terang Ali.

Muhammad Ali Mansyur bertekad akan terus mengabdi lewat Linmas, bahkan sampai pensiun dari ASN. Baginya Linmas menjadi rumah ketiga, setelah keluarga, dan tempat kerjanya Bagian Umum Setda Rembang. (MJ – 81).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *